Modal Kuliah Di Luar Negri

Kuliah ke luar negeri kadang-kadang menjadi pilihan yang agak sulit bagi pelajar di Indonesia. Banyak orang beranggapan, belajar ke luar negeri membutuhkan biaya yang sangat mahal, seperti pengurusan pembuatan visa, ongkos transportasi, biaya hidup di sana, etc. Tentunya hal ini tidak bisa dipungkiri TAPI janganlah berputus asa atau patah semangat.

Jika kalian memiliki kesempatan, jangan pernah ragu memutuskan untuk kuliah di luar negeri. Mengapa ? Meskipun biaya yang dibutuhkan banyak, tapi hal ini hanya berlaku untuk tahun pertama di luar negeri. Karena pas tahun pertama kita mebutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan kehidupan/ budaya setempat. Biaya hidup bagi pelajar tidaklah sangat mahal jika kita pandai berhemat. Tempat Kos ? Kadang pemerintah setempat menyediakan ‘ resident ‘ khusus untuk pelajar yang sangat murah dan terjangkau untuk pelajar. Ada juga beasiswa dari pemerintah setempat yang bisa membantu meringankan keuangan kita. Kadang ‘ part-time job ‘ bisa membayar seluruh biaya sehari-hari atau biaya sewa kos.

Setelah membaca uraian di atas, apakah kalian tertarik untuk study di luar negeri ?

Jika iya, kalian harus mempersiapkan ‘ bekal ‘ sebaik-baik nya sebelum berangkat ke luar negeri ! Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dan disiapkan untuk belajar ke luar negeri.

1.     Bahasa

            Jika ingin hidup di luar negeri hal yang paling penting harus dipelajari ialah bahasa setempat. Belajar di tempat les tidaklah cukup untuk lancar dan fasih berbicara dalam bahasa asing. Kita harus banyak berbicara « conversation » dengan memakai bahasa tsb. Janganlah malu ketika memiliki kesalahan dalam pengucapan atau takut jika pas berbicara hanya karena kita menggunakan grammar yang salah ! Hal yang penting pas berbicara adalah lawan bicara/ pendengar mengerti tujuan dan maksud dari kita. Terakhir, perbanyaklah mendengar lagu atau diskusi dalam bahasa asing. Hal ini bertujuan untuk mengerti penggunaan/pengucapan kata atau logat yang dipakai dalam bahasa tsb.

2. Tujuan

            Tentunya kita harus mempersiapkan negara tujuan untuk study kita. Pilihlah negara tujuan berdasarkan jurusan yang kita pilih ! Contoh ; Kita memilih negara A untuk jurusan X, tetapi ketika di sana, kualitas pelajaran yang ditawari memiliki kekurangan dibandingkan dengan negara B. Pemahaman ini dapat dilihat menggunakan internet atau bertanya langsung kepada senior yang belajar di negara pilihan kita.

3. Pengetahuan / Ilmu

            Hal ini sangat berpengaruh dalam kesuksesan pendidikan kita. Saran penulis bagi yang memilih jurusan scientific ( Fisika, Kimia dan Biologi ), kuatkanlah fondasi dalam dasar-dasar perhitungan ! Bagi yang jarang melakukan praktek di laboratorium, perbanyaklah nonton video « praktek laboratorium » untuk menambah ilmu tentang alat-alat yang digunakan ataupun proses yang dilakukan.

        4. Mental

            Mental yang kuat akan membuat kita bisa bertahan dan sukses hidup di luar negeri. Perilaku sering mengeluh dan mudah menyerah tidak akan membawa kita kemana-mana. Latihlah mental dengan membiasakan diri untuk pergi ke tempat-tempat baru. Bertemu dengan orang baru dan bergabung dengan berbagai komunitas yang bisa membentuk mental menjadi lebih terbuka terhadap perubahan.

By: Dicky Hafids

About the author

Admin
Selamat membaca !

0 komentar:

Copyright © 2013 Ikatan Pelajar Minang Internasional and Blogger Themes.