Mengenal Waktu

Apakah hal itu? Hal yang selalu dilalaikan oleh manusia, sehingga ada satu surat dalam al-quran yang khusus membicarkan tentang nya, hal itu bernama “Waktu”
Waktu menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah seluruh rangkaian saat ketika proses, perbuatan, atau keadaan berada atau berlangsung.
waktu dan mahasiswa adalah dua hal yang tidak bisa bahkan mustahil untuk dipisahkan, karena bagi para mahasiswa waktu adalah berlian mulia yang tiada ternilai harganya, karena waktu, seorang mahasiswa bisa menjadi seseorang yang luar biasa, karena waktu juga seorang mahasiswa menjadi sarjana kosong tiada ilmu tiada kemampuan. Waktu sangat penting sekali dalam kehidupan manusia, sehingga Allah SWT bersumpah atas nama waktu didalam surat Al-Ashri, karena saking pentingnya perihal waktu ini, namun manusia banyak yang tidak sadar atas pentingnya waktu, mereka tidak menyadari bahwa setiap detik waktu itu tidak akan kembali. Mereka sadar ketika mereka beranjak tua, lalu merekaakan menyesal, memang betul apa kata pepatah, bahwa penyesalan itu selalu selalu datang nya di akhir, lalu mereka berkata “andaikan aku manfaat kan waktu ku ini, mungkin hidupku bisa lebih bermakna” lhah, apagunanya menyesal dikala usia tua, waktu tidak akan bisa berputar kembali. Nah, sebagai mahasiswa, kita dituntut untuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin, agar kelak ketika kita akan di wisuda kelak, kita keluar dari universitas dengan wajah bahagia tanpa beban, karena di dalam diri kita telah cukup dengan berbagai ilmu pengetahuan . Waktu adalah modal yang sangat berharga bagi para mahasiswa untuk kesuksesan mereka di masa depan. Nah oleh karena itu mari kita mengenal waktu.
Sebagaimana yang temaktub didalam ayat Al-Quran dalam surah Al-‘asr:
وَٱلۡعَصۡرِ ١  إِنَّ ٱلۡإِنسَٰنَ لَفِي خُسۡرٍ ٢  إِلَّا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ وَعَمِلُواْ ٱلصَّٰلِحَٰتِ وَتَوَاصَوۡاْ بِٱلۡحَقِّ وَتَوَاصَوۡاْ بِٱلصَّبۡرِ ٣
Artinya:
Demi masa
Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian
kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran

dalam surah ini penulis akan meninjau dari segi bahasa yang Allah sampaikan dalam surat Al-Asr, pada surat ini Allah menjadikan Qasam atau Allah bersumpah atas nama waktu di awal surat ini, makna Sumpah ini yang dijelaskan dalam Buku Mana’ ul-qattan, yang menyatakan bahwa Sumpah yang Allah sebut dalam Firman-Nya menandakan Allah ingin memberikan penegasan dan mengharapkan hamba Nya untuk memperhatikan Ayat surat Al-Asr.
Jadi kita sebagai hamba Allah harus memperhatikan ayat ini, karena Allah jelas-jelas sudah bersumpah atas nama waktu, berarti ada rahasia yang sangat besar tersimpan dalam waktu ini, dan ada hal yang selalu dilupakan oleh manusia dalam kehidupan ini, dan itu adalah “Waktu” jikalau manusia yang bersumpah maka kita percaya, maka apakah kita masih tidak percaya jika Tuhan kita sudah bersumpah didalam Firman-Nya?
Lalu Allah mengatakan dalam ayat kedua bahwa sesungguhnya manusia berada dalam keraguan, hal ini Allah sampaikan secara umum, bahwa kebanyakan atau bahkan semua manusia berada dalam kerugian, dalam hal ini Allah berfirman menggunakan sighat Ta’kiid ( (انdalam bahasa Indonesia kita mengenal nya dengan istilah “penegasan” yang dipelajari didalam ilmu Nahwu  atau dalam kaedah bahasa arab.
Dan pada ayat terakhir Allah menggunakan sighat istisnaa’  yang berarti pengecualian, artinya setelah Allah mengatakan bahwa manusia itu dalam kerugian lalu Allah menjelaskan ciri manusia yang tidak merugi seperti manusia yang lain, yaitu manusia yang berimandan mengerjakan amalan shaleh dan saling menasehati didalam kebenaran dan kesabaran.
pemaparan diatas bukanlah tafsiran lengkap dari surat al-asr karena penulis hanya meninjau dari segi bahasa atau Lughoh didalam surat al-asr supaya para pembaca bisa mengambil hikmah nya.

Waktu merupakan sesuatu yang unik, kenapa? Karena ada karakteristik waktu yang jarang diketahui manusia , karakteristik waktu adalah: jika kita manfaatkan nya dengan sebaik mungkin, maka waktu luang kita yang tersedia semakin banyak pula, sebaliknya jika kita habiskan waktu dengan bermain main, lalu bercanda dan ngobrol sepanjang hari, maka kita akan merasa bahwa waktu luang kita tidak ada, aneh kan? Artinya semakin baik kita memanfaatkan waktu, maka kita akan merasa sebenarnya waktu yang kita miliki sangatlah banyak, namun hanya kita saja yang tidak pandai memanfaatkan waktu.
Karakteristik waktu yang lain adalah, waktu bergerak sangat sangat cepat, sehingga banyak orang yang tidak sadar dengan berlalu nya waktu, kadang kita sadarnya ketika kita sudah tua atau sesudah kita tertimpa musibah contohnya, baru kita sadar bahwasanya waktu telah berlalu jauh.
Waktu ibarat anak panah yang melesat dengan cepatnya , banyak orang yang berfikir ,jika dia melakukan kesalahan di waktu muda nya, dia masih memiliki banyak waktu untuk merubahnya, namun tidak ada siapa pun yang tahu berapa lama lagi umur mereka yang tersisa. Waktu adalah sesuatu yang sangat mahal harganya, bahkan jauh lebih mahal daripada uang , sampai sampai Hasan Al-Banna mengatakan” waktu adalah kehidupan” siapa yang tidak memanfaatkan waktu nya, berarti dia tidak memanfaatkan hidupnya. Lalu, apa yang harus kita lakukan supaya kita tidak termasuk dari golongan orang yang lalai terhadap waktu? Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk memaksimalkan waktu kita,
salah satunya adalah dengan membuat jadwal kegiatan sehari hari, bulanan dan tahunan, kenapa kita mesti menjadwalkan kegiatan kita? Karena adahal yang lumrah bahwa manusia adalah makhluk yang pelupa, misalnya pada pagi hari kita berencana melakukan ini dan itu, namun kenyataan nya kita lupa dengan rencana kita pada pagi hari, karena kita hanya sekedar merencanakan nya saja didalam pikiran, bukan dengan membuat jadwal yang tersusun. Banyak orang orang sukses membuat jadwal kegiatan mereka sehari hari, Steve Jobs contohnya, seorang bisnisman kelas atas dan CEO dari perusahaan teknologi Ternama, Apple,  dia menjadwalkan kegiatannya mulai dari jam 4 subuh sampai ia tidur, ini dilakukan agar jelas semua kegiatan kita dari pagi sampai malam, sehingga semakin sedikit lah waktu kita yang terbuang.
Lalu, usahakan kita melakukan hal yang produktif dalam keseharian kita, jangan biarkan ada waktu yang tebuang percuma, kalaupun ada waktu kosong, guankan untuk mengisi ilmu secara santai atau berzikir mengingat tuhan yang maha esa, karena yakinlah setiap waktu yang kita habiskan, akan dimintai oleh Allah pertanggung jawabanya.
Setelah kita bahas berbagai hal mengenai waktu, hendaklah kita para mahasiswa sadar terhadapnya , Karena jika waktu tidak dihabiskan dengan baik, maka waktu lah yang akan menghabisi kita, sebagaimana pepatah arab mengatakan
الوقت كالصيف ان لم تقطعها قطعك
”waktu itu seperti pedang, jika kamu tidak memotong waktu maka waktulah yang akan memotong mu”
 Karena sangat banyak nya manusia yang lalai terhadap waktu, Allah pun bersumpah atas nama waktu, agar manusia memperhatikan waktu ini, karena kelak di akhirat para manusia akan memohon mohon kepada allah untuk mengembalikan mereka kedunia untuk memperbaiki kehidupan mereka walau hanya sedetik saja.Wahai Para pemuda, maksimalkan lah waktu!
Jazakumullahu katsiiran.

Tareq Al-Bana dari negri seribu Menara, Kairo, Egypt.

About the author

Admin
Selamat membaca !

0 komentar:

Copyright © 2013 Ikatan Pelajar Minang Internasional and Blogger Themes.