Seluas Arti Memahami







Dari jutaan manusia yang aku temui, dari berbagai macam karakter yang mereka miliki, dari berbagai rasa yang mereka sampaikan, perlahan-lahan membuatku mengerti tentang mereka. Bukan hanya tentang kata “mereka”, tapi itu mencakup keseluruhan dari arti setiap manusia.

Kadang aku suka tertawa sendiri melihat betapa lucu nya manusia itu. Contohnya, saat seseorang sedang tersenyum kamu akan membalas senyuman itu, seolah-olah atau memang sebenarnya kamu tau makna dari senyuman itu tanpa harus dia jelaskan. Atau saat seseorang sedang bermain lalu mengajakmu, kemudian ketika bermain ada perasaan senang yang saling bersahutan antara kalian. Rasa bahagia itu hanya dirasakan oleh kalian, kalau bahasa romantisnya, kita dalam satu frekuensi yang sama.

Aku juga sering sedih saat berinteraksi dengan manusia itu. Awal nya karena aku tidak selalu sesuai dengan mereka dan mereka pun sebaliknya. Kadang komunikasi yang kita jalin tidak searah, penuh dengan perasaan tidak nyaman, bahkan berakhir dengan perselisihan.

Well.. ternyata itu semua bagian dari kesempurnaan manusia itu sendiri. Allah membuat hidup kita begitu berwarna, sama seperti aku yang suka dengan warna warni, didalam nya tidak hanya warna cerah saja, tapi juga ada warna gelap. Kamu mungkin bisa saja tidak menyukai warna gelap, seperti kamu tidak menyukai pertengkaran, namun kamu bisa menyelaraskan warna itu dengan warna cerah untuk mempercantik lukisanmu.

Intinya, Jika kamu bisa memahami karakter orang-orang yang berada di dekatmu kamu akan bisa melihat dengan jernih betapa menyenangkan nya hidup mu bersama mereka, ketika kamu lihat orang lain senang, kadang sedih, kadang marah, atau terharu dengan sesuatu yang kamu lakukan. It’s just so awesome, right?

Aku tau realita nya tidak semua hal akan menyenangkan pada awalnya, tapi jika kamu selalu mencoba mengerti, semua akan bahagia pada akhirnya. Setidaknya, perasaan kita akan selalu condong kepada warna-warna yang serasi, pada hal-hal baik.

Hati mu, seluas rasa memahami yang kamu miliki…



By: Fiona Ramadhanti Jufri

About the author

Admin
Selamat membaca !

0 komentar:

Copyright © 2013 Ikatan Pelajar Minang Internasional and Blogger Themes.