Menikmati Romantisnya Kota Brugge


Brugge adalah sebuah kota tua di Belgia dan merupakan ibukota dari West-Flanders, salah satu provinsi di Belgia.
Tahun 2000 kota Brugge/Bruges ini ditetapkan sebagai situs warisan dunia  UNESCO, lalu menyusul tahun 2002  kota ini pun menjadi ibukota budaya Eropa.
Ada yang menarik juga dari kota Brugge ini yaitu tempat berlokasi nya universitas pascasarjana studi eropa ( College of Europe). Nah universitas ini didirikan oleh oleh tokoh-tokoh terkemuka Eropa dan pendiri Uni Eropa seperti Salvador de Madariaga, Winston Churchill, Paul-Henri Spaak dan Alcide De Gasperi pada tahun 1949. Banyak sekali alumni nya yang berhasil menjadi orang-orang penting di Eropa, karena emang tujuan awalnya melahirkan generasi elit eksekutif muda eropa. Ada yang sudah menjadi perdana menteri Denmark, perdana menteri Finlandia, presiden komisi eropa, diplomat, eksekutif tingkat tinggi, dan sebagainya . Pokoknya melahirkan orang-orang hebat di eropa lah hehe.
Perjalanan dari kota Bonn ke Brugge ditempuh sekitar empat jam menggunakan bus. Diwaktu pertama kali datang kami dikejutkan dengan jembatan yang bisa membelah. Jadi ceritanya jembatan itu emang letaknya rada rendah, dan jika kapal atau perahu mau melintas maka jembatan tersebut akan membelah diri lalu memutar membiarkan kapal tersebut lewat, ada juga loh lampu merah nya(sedikit norak ya hehe).





Hampir memasuki pusat kota saya dan yang lain pun berpencar. Akhirnya sampai juga kami di Grote Markt (Market Square). Disana terdapat beberapa bangunan bersejarah yang mengelilingi. Arsitektur bergaya abad pertengahan sangat lah mendominasi dan membentuk alun-alun kota itu menjadi tempat tujuan turis pertama kali jika datang ke kota ini.
Disana berdiri sebuah bangunan tinggi yang sangat menonjol yaitu menara lonceng atau disebut juga The Belfry of Bruges.Disamping nya terdapat bekas pertemuan untuk pemerintah provinsi Flanders Barat, sekarang bangunan tersebut hanya digunakan untuk pameran.
Hampir disemua bangunan dikelilingi kafe-kafe yang menyuguhkan beragam makanan dan minuman, tidaksalah memang katanya kota Brugge ini juga disebut sebagai salah satu kota romantis. Apalagi banyak kanal-kanal yang menunjang manisnya pemandangan disetiap sudut kota.



 
Terus berjalan melewati gang kecil di Grote Markt, kita juga akan melihat beberapa bangunan yang unik dan menarik yang berlokasi di Burg Square.

Selain kanal-kanal yang terkenal seperti Amsterdam, Brugge sendiri juga disebut-sebut sebagai „The Venice of the North“, dikarenakan disetiap sudut kota nya terdapat sungai-sungai yang mengalir, bahkan jika ingin bepergian kesuatu tempat pun bisa menggunakan perahu. Keren ya?
Nah kalau mau coba berkeliling kota mengunakan perahu, gampang banget loh, harganya juga murah sekitar 8 Euro. Itu berlaku 30 menit sampai satu jam. Dan pemandangan nya pun masya Allah luar biasa indah. Juga melewati berbagai bangunan bersejarah penting dan kafe-kafe yang berjejer disetiap sudut kota.



Tidak lengkap rasanya kalau ke Brugge tidak membeli oleh-oleh. Belgia memang sangat terkenal dengan cokelat nya yang enak. Salah satu yang terkenal ialah merk Godiva yang tokonya terletak didepan pusat alun-alun kota, tapi ya harganya super mahal tidak cocok untuk kantong pelajar seperti saya hehe.  Disepanjang jalan pun sangat banyak toko cokelat berjejeran, membuat kami selalu berhenti disetiap toko untuk seledar mencicipi rasa cokelatnya(ini tips juga kalau nggak mau beli coklat tapi pingin nyoba rasanya, masuk aja ke tokonya sekedar lihat-lihat, terus nanti disamperin deh sama mbak-mbak nya nawarin buat nyobain coklat haha). Satu lagi Waffle Belgia juga terkenal akan rasanya yang enak loh.



By : Elvi Efriani

About the author

Admin
Selamat membaca !

0 komentar:

Copyright © 2013 Ikatan Pelajar Minang Internasional and Blogger Themes.