Republik Turki

Republik Turki adalah sebuah negara yang cukup unik. Berada diantara dua benua membuat negara ini terdiri dari perpaduan budaya Asia dan Eropa. Turki dikenal sebagai negara sekuler, namun mayoritas penduduk negara ini merupakan muslim. Terbukti dari jumlah banyaknya masjid yang mencapai hingga delapan puluh ribu yang tersebar di seluruh penjuru negeri.
Turki merupakan destinasi pendidikan yang banyak diminati oleh pelajar Indonesia. Biaya hidup yang tidak begitu mahal dan kualitas pendidikan yang bagus adalah poin penting nya. Republik Turki menawarkan banyak beasiswa kepada mahasiswa asing, terutama Indonesia. Puluhan pelajar Indonesia setiap tahunnya dikirim ke Turki untuk mengenyam pendidikan di negeri yang didirikan oleh Musthafa Kemal ini.
Pada tulisan wawancara kali ini, IPMI akan membagikan informasi yang lengkap tentang bagaimana cara mendapatkan beasiswa di Turki. Informasi ini adalah hasil wawancara dengan pelajar Minang yang berkuliah di Suleyman Demirel University, Ridwan Elmughomieru.  
1.     Apakah semua pelajar Indonesia yang berkuliah di Turki sudah bisa berbahasa Turki sebelum berangkat kesana ?
Tentu tidak. Nanti setelah sampai di Turki, kita akan mengikuti program bahasa Turki selama delapan bulan. Setelah itu baru memasuki dunia perkuliahan.

2.     Kenapa harus Turki ? Ada hal istimewa apa di negeri ini ?
Turki adalah negara yang akhir-akhir ini perkembangan nya naik secara umum terutama di bidang pendidikan. Kedua, Turki adalah negara yang strategis, multikultur, dan memiliki poros sejarah yang sangat luar biasa. Ketiga, tidak begitu banyak konflik agama yang terjadi. Keempat, Turki merupakan negara yang cukup aman, dan insyaallah akan terus aman. Dan terakhir, Turki menyediakan beasiswa dan alhamdulillah saya merupakan awardee dari beasiswa ini sehingga saya tidak perlu lagi merepotkan orangtua untuk biaya pendidikan.

3.     Turkye Burslari itu beasiswa apa ?
Turkye burslari itu beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Turki kepada pelajar asing, baik itu beasiswa S1-S3, beasiswa penelitian, dan beasiswa prestasi atau tidak mampu secara berkala.

4.     Apa saja yang dibiayai oleh beasiswa ini ?
Semuanya, kita tinggal bawa diri saja ke Turki. Mulai dari biaya spp, biaya asrama, dan uang jajan per bulan sudah ditanggung pemerintah Turki. Biasanya masih ada sisa dan bisa untuk jalan-jalan. Di asrama juga baju kita dicucikan dan asrama dibersihkan oleh petugas. Pokoknya tinggal belajar saja.

5.     Bagaimana tahap pendaftarannya ?
Jadi ada dua tahap. Tahap pertama yaitu tes memasukkan berkas, yang kedua tes wawancara. Tidak begitu rumit memang, bisa dikatakan simpel.

6.     Bagaimana cara pendaftaran berkas ?
Kita harus akses dulu website nya di www.turkiyeburslari.gov.tr. Lalu mengisi formulir  tentang data diri, kehidupan pribadi seperti hobi dan minat teman-teman bagaimana, dan ada juga lima pertanyaan yang harus dijawab singkat dan jelas*. Setelah itu masukkan dua berkas yang sangat penting. Pertama, transkrip nilai dalam bahasa inggris dari semester satu sampai lima untuk yang di kelas akhir SMA. Kedua ijazah, kalau ijazah belum keluar bisa digantikan dengan surat keterangan siswa semester akhir oleh sekolah.

7.     Kalau sertifikat TOEFL/IELTS itu apakah wajib dilampirkan ?
Enggak, tapi kalau teman-teman punya boleh dilampirkan. Begitu juga dengan sertifikat lomba-lomba.

8.     Apa hal yang membuat orang sering gagal di tahap ini ?
Persaingan nilai transkrip dengan peserta lain dari seluruh Indonesia. Tapi jangan minder dulu untuk yang nilainya tidak begitu tinggi. Dicoba saja dulu, rejeki sudah ada yang menentukan. Dan kurang tepatnya menjawab pertanyaan essay juga menentukan.  

9.     Lalu, tahap selanjutnya ?
Sebulan setelah memasukkan berkas biasanya akan diumumkan orang-orang yang lulus dan akan memasuki tahap selanjutnya yaitu tes wawancara.

10.  Apa saja hal yang akan ditanyakan pada saat wawancara ? Dimana lokasi dan memakai bahasa apa ? Dan pengumuman lulusnya bagaimana ?
Pertanyaan wawancara biasanya tentang latar belakang kehidupan kita dan semua hal yang terkait dengan formulir yang sudah kita isi sebelumnya. Akan ada tiga interviewers yang akan menghujani kita dengan beberapa pertanyaan. Di tahun 2017 untuk tes wawancara ada di dua tempat, yaitu Jakarta dan Aceh. Tapi setiap tahun belum tentu sama tempatnya. Tes wawancara nya memakai bahasa inggris. Biasanya sebulan atau dua bulan akan diumumkan apakah kita lulus atau tidak.

11.  Kira-kira apa saja tips untuk sukses saat wawancara?
Yang pertama, jangan sampai datang terlambat. Yang kedua, dalam tes wawancara tersebut sebaiknya kita bisa membawa suasana dan menguasai pembicaraan. Ketiga, karena hal yang akan ditanyakan akan sesuai dengan apa yang sudah kita isi di formulir, maka alangkah baiknya jawaban kita saat interview sama berdasarkan dengan apa yang sudah kita isi di formulir sebelumnya atau dikembangkan lagi lebih bagus, asal jangan sampai berbanding terbalik dengan apa yang sudah kita isi di formulir.

12.  Bagaimana perkuliahan di Turki?
Saya tidak begitu paham sistem perkuliahan di Turki secara keseluruhan bagaimana, mungkin saya akan menceritakan sistem perkuliahan di kampus saya saja untuk gambaran. Sistem perkuliahan nya memakai kredit.  Per semester kita bisa mengambil minimal 20 kredit dan tidak ada maksimal, asal indeks prestasi diatas 2. Masuk pukul 08.45 dan pulang sekitar pukul 16.00 untuk kuliah siang. Ada juga kuliah malam, tetapi biasanya untuk mahasiswa yang bekerja atau sudah berkeluarga. Satu kelas ada sekitar 70-80 mahasiswa dan gabung dengan mahasiswa Turki. Secara umum, dosen lebih banyak memberikan ilmu ketimbang kita dituntut belajar sendiri. Dan juga dosen sangat welcome untuk berdiskusi dengan mahasiswa.

13.  Apa saja hal yang menarik dari dunia perkuliahan ?
Pertama, tidak ada skripsi. Adanya tugas akhir dan itu tidak seberat skripsi di Indonesia, sekitar 30-35 halaman. Kedua, kita ada tugas magang di tahun akhir. Kalau di fakultas saya untuk laki-laki, diantara magangnya adalah memberikan khutbah Jumat. Dan untuk perempuan, diantara magangnya adalah mengajar di sekolah-sekolah. Ketiga, perpustakaannya sangat lengkap dan buka 24 jam. Jadi kita bisa duduk santai di perpustakaan dari pagi hingga pagi lagi dan disediakan roti dan teh jika lapar.

14.  Bagaimana dengan kendala di perkuliahan dan bagaimana cara mengatasinya ?
Pertama pemahaman dosen yang berbahasa turki sedikit sulit dipahami. Caranya minta izin ke dosen untuk di rekam suaranya dan di dengarkan berkali-kali di asrama atau mencatat setiap penjelasan dosen. Kedua, tantangannya adalah memahami apa yang kita baca. Awalnya akan sulit memahami buku bacaan karena tingkat pemahaman bahasa Turki kita belum begitu baik. Cara mengatasinya yaitu dengan mencicil bacaan per-hari atau per-minggu jangan tunggu sampai ujian. Dan paling penting, tetap jaga hubungan baik dengan mahasiswa Turki dan mengikuti study club yang mereka adakan.

15.  Kira-kira apa saja kegiatan kampus yang bisa kita ikuti?
Kita bisa mengikuti semua kegiatan kampus. Baik itu akademik, sosial, seni budaya, dan lain-lain. Misalnya seminar umum, kegiatan sosial, pertandingan olah-raga, travelling yang digagas oleh kampus atau mahasiswa dan banyak lagi.

16.  Bagaimana dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia ?
Ada PPI Izhmir secara wilayah, dan PPI Turki secara menyeluruh. Tapi saya dan teman-teman yang lain lebih sering berbaur dengan aktifitas mahasiswa internasional lain.

17.  Biaya hidup untuk makan dan transportasi bagaimana ?
Sebetulnya tidak begitu mahal, sehari makan bisa sekitar 60 ribu dan transportasi sekali jalan sekitar 5 ribu rupiah. Tapi kan sudah di cover oleh beasiswa, alhamdulillah tidak begitu terbebani.

18.  Apakah makanannya sama dengan Indonesia ? Karena biasanya orang Indonesia susah beradaptasi dengan makanan di daerah baru
Secara keseluruhan, rasa makanannya masih bisa diterima oleh lidah orang Indonesia, dan pastinya halal. 

19.  Apakah mahasiswa boleh bekerja part time ?
Kalau pekerjaannya resmi, tidak boleh tapi kalau pekerjaannya tidak resmi boleh-boleh saja.  Tapi gak kerja pun gak masalah sebenarnya, karena beasiswa saja sudah cukup.

20.  Bagaimana hubungan indonesia dengan Turki ?
Baik, sejauh ini bisa dikatakan aman-aman saja. Dan juga beberapa hari yang lalu wakil presiden kita bapak Jusuf Kalla silaturahmi langsung dengan Presiden Turki.

21.  Tahun lalu ada kasus kudeta di Turki, bagaimana dampaknya terhadap mahasiswa Indonesia yang disana ?
Sebetulnya mahasiswa tidak terlalu begitu berdampak bahkan bisa dikatakan baik-baik saja, hanya saja kemarin orang tua yang sangat cemas. Dikatakan kudeta ya seperti bukan kudeta, tapi memang kudeta, bagaimana ya menjelaskannya. Intinya tidak mengganggu keamanan, ya beberapa media mungkin melakukan blow up sehingga kelihatannya ini suatu hal yang benar-benar mengancam keamanan, padahal sebenarnya tidak.  Tahun ini mahasiswa Indonesia yang berkuliah disini semakin banyak itu buktinya kudeta tahun lalu tidak begitu berpengaruh terhadap kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap Turki. Dan overall sisi keamanan Turki bisa dikatakan sangat aman.

22.   Apa pesan-pesan untuk teman-teman yang ingin melanjutkan jejak bang Ridwan ?
TETAP SEMANGAT ! Tunjukkan pada mereka kalau kalian layak untuk diterima dengan berbagai kelebihan yang kalian miliki. Jangan menyerah, karena tidak ada blacklist di Turkiye Burslari selama batasan umur masih mencukupi. Dan terakhir banyak-banyak doa, karena kita tidak tahu doa mana yang akan dikabulkan.

23.  Baiklah yang terakhir, untuk teman-teman yang mungkin ingin menanyakan lebih detail apakah boleh menghubungi bang Ridwan langsung ?
Boleh di sosial media saya: Ridwan Elmughomieru

 (*)
1. Jelaskan kenapa kamu memilih jurusan tersebut di Turki!
2. Jelaskan pentingnya jurusan yang anda ambil dan apa kontribusi yang akan anda berikan!
3. Silahkan ceritakan atau jelaskan jika anda mempunyai kontak dengan kampus atau akademisi (prof) di Turki yang tertarik dengan riset yang akan anda lakukan!
4. Jelaskan apa rencana anda setelah lulus !

5. Jelaskan alasan utama kenapa anda memilih jurusan tersebut, bagaimana hubungannya pilihan studi tersebut dengan latar belakang atau aktivitas anda sekarang!

About the author

Admin
Selamat membaca !

0 komentar:

Copyright © 2013 Ikatan Pelajar Minang Internasional and Blogger Themes.